Rabu, 10 Juli 2013

Definisi Perencanaan


Definisi Perencanaan
Rencana merupakan suatu rangkaian tindakan yang terorganisir dan runtut. Perencanaan tidak tumbuh begitu saja melainkan berawal dari sebuah proses berpikir yang telah terakumulasi di alam bawah sadar manusia. Keinginan untuk mewujudkan ‘mimpi’ inilah yang mendorong manusia untuk menciptakan kegiatan-kegiatan yang berorientasi tujuan. Semakin realistis mimpi, semakin jelas pula tahapan yang akan dipersiapkan. Mimpi di sini bukan angan-angan. ‘Mimpi’ yang dimaksud adalah proses khayalan untuk mewujudkan sesuatu yang memiliki fungsi dan berdaya guna.

Perencanaan Sebagai Proses
Dalam menyusun sebuah perencanaan, kita berpedoman pada rentang waktu yang berada dalam lingkup masa lalu, masa sekarang,dan masa akan datang. Berbagai input yang diperoleh selama rentang waktu tersebut inilah yang dinamakan proses. Proses yang berlangsung dengan matang melahirkan produk perencanaan berkualitas dan berkelanjutan. Sebaliknya jika proses yang berlangsung terjadi secara instan maka perencanaan tersebut juga akan bersifat sementara. Kekuatan proses mencerminkan kematangan sebuah produk perencanaan. Tindakan konsisten dan pola sistematis merupakan kerangka acuan yang selayaknya digunakan dalam melakukan proses perencanaan. Tujuannya agar produk perencanaan tersebut tidak kehilangan esensi visi-misi yang telah disusun sejak awal. 

Multidisiplin dalam sebuah Perencanaan

Mewujudkan sebuah perencanaan selain membutuhkan proses matang, konsisten serta sistematis, juga diperlukan kerjasama berbagai aspek bidang ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan perencanaan bersifat dinamis, sehingga membutuhkan sudut pandang alternative berbagai aspek. Konsep multidisplin ini bertujuan agar produk perencanaan bersifat fleksibel pada saat implementasi di lapangan. Dalam perencanaan terdiri dari waktu dan pergerakan, kesemuanya merupakan unsur yang bersifat dinamis, selalu berubah sesuai dengan tren yang berlaku. Jadi dapat dikatakan sebuah perencanaan dapat terwujud apabila sejak awal proses yang berlangsung berjalan sistematis dan konsisten, membentuk sebuah sistem dari multidisiplin ilmu yang saling berkaitan serta bersifat fleksibel.

0 komentar:

Posting Komentar